INDONESIA SKILLS COMPETITION
(LKS-SMK XVII 2009 IN JAKARTA)
I. Foreword
Globalization era give double impact which is over and above open collaboration chance that one extent it internations, also open emulation that progressively tight and sharp at all work area.
To face challenge of aforesaid, therefore Indonesia Government shall strengthen competitiveness and competitive top at all sector by relies on quality and human resource ability with technological mastery and management. To it Government always tries make ready competent labour deep its area each.
Indonesia Skills Competition (Lomba Keterampilan Siswa = LKS) National to XVII at Jakarta for Vocational High School (SMK) student all Indonesia is that of form reality one of effort in developmental human resource that did by Government via Directorate Technical and Vocational Education – Directorate General of Management for Primary and Secondary Education – The Ministry of National Education Republic of Indonesia.
II. Tujuan
1. Mendorong SMK untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang mengacu kepada Standar Keterampilan Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang keahlian IT/Networking Support.
2. Untuk memantau peta kualitas dan kemampuan SMK di seluruh
3. Mempromosikan Keterampilan siswa SMK bidang keahlian IT/Networking Support kepada dunia industri sebagai calon pengguna tenaga kerja.
4. Memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa untuk berkompetisi secara positif, untuk menumbuhkan kebanggaan pada bidang keahlian yang ditekuninya, juga kebanggan bagi sekolah dan daerah/provinsinya.
III. Peserta
Peserta adalah siswa SMK dengan kriteria sebagai berikut :
1. Warga Negara Kesatuan Republik
2. Tercatat sebagai siswa tingkat II/III SMK negeri atau Swasta program keahlian IT/Networking Support di Indonesia dalam tahun 2009.
3. Dinyatakan sebagai Pemenang LKS Tingkat Propinsi program keahlian IT/Networking Support dalam tahun 2009 atau yang ditunjuk oleh Kepala Dinas Pendidikan Nasional di Propinsi sebagai peserta LKS tingkat Nasional ke-XVII Tahun 2009 mewakili propinsi yang bersangkutan.
4. Setiap propinsi hanya dapat diwakili oleh 1 (satu) orang peserta.
IV. Materi Lomba
A. Lingkup Lomba
Soal lomba hanya terdiri dari soal praktek saja. Rincian materi lomba dan bobot penilaiannya adalah sebagai berikut:
· Teknik Perakitan
14 poin
· Instalasi Networking (Cabling, AP, File dan Printer sharing)
15 poin
· Instalasi Sistem Operasi PC Server, PC Router, dan Laptop Client
13 poin
· Konfigurasi PC Router
5 poin
· Administrasi SERVER
43 poin
· Kecepatan
10 poin
Peserta diberi waktu sebanyak 11 jam untuk menyelesaikan soal-soal lomba. Tidak tertutup kemungkinan peserta dapat menyelesaikannya dalam waktu kurang dari waktu yang disediakan.
Alur pelaksanaan lomba adalah sbb:
B. Kelengkapan Fasilitas
Daftar perangkat keras yang diperlukan adalah sbb:
No | Nama Alat dan Bahan | Keterangan |
1 | PC Server: - Prosesor sekelas Pentium IV atau lebih tinggi - Memory 512 MB - Harddisk 80 GB atau lebih - Eksternal LAN card - CD/DVD ROM drive - Monitor 15” - Keyboard | - Disediakan oleh panitia - Siap untuk dibongkar dan dirakit kembali |
2 | PC Router: - Prosesor sekelas Pentium IV atau lebih tinggi - Memory 512 MB - Harddisk 80 GB atau lebih - Dual LAN card (internal dan eksternal) - CD/DVD ROM drive - Monitor 15” - Keyboard | Disediakan oleh panitia |
3 | Judge PC: - Prosesor sekelas Pentium IV atau lebih tinggi - Memory 512 MB - Harddisk 80 GB atau lebih - LAN card - CD/DVD writer - Monitor 15” - Keyboard dan mouse | Disediakan oleh panitia |
4 | Printer | Disediakan oleh panitia |
5 | Switch 24 port | Disediakan oleh panitia |
6 | Kabel UTP dan konektor RJ45 | Disediakan oleh panitia |
7 | Laptop - Prosesor sekelas Pentium IV atau lebih tinggi - Memory 256 MB - Harddisk 80 GB atau lebih - LAN dan WLAN - CD/DVD ROM drive | Disediakan oleh peserta |
8 | Access point | Disediakan oleh peserta |
9 | Crimping tools, cable tester dan tool set | Disediakan oleh peserta |
Daftar perangkat lunak yang diperlukan adalah sbb:
No | Nama Software | Keterangan |
1 | Paket software/driver pendukung untuk PC Server dan PC Router | Disediakan oleh panitia |
2 | Sistem Operasi Linux Debian 4 dengan kernel versi 2.6.18-4 atau yang lebih baru | Disediakan oleh peserta |
3 | Paket software/driver pendukung Laptop client | Disediakan oleh peserta |
4 | Sistem Operasi Windows XP | Disediakan oleh peserta |
5 | Service Pack 2 Windows XP | Disediakan oleh peserta |
6 | Driver Access Point | Disediakan oleh peserta |
C. Skor, Bobot, dan Aspek-Aspek Penilaian
Skor, bobot, dan aspek-aspek yang akan dinilai adalah sbb:
NO | Aspek yang di EVALUASI | NILAI |
|
| |||
1 | Server Internal Component | 3 |
|
| 1. Lengkap | 2 - 3 |
|
| 2. Tidak lengkap | 0 - 1 |
|
2 | Network Ext. Component | 2 |
|
| 1. Lengkap | 2 |
|
| 2. Tidak lengkap | 0 - 1 |
|
3 | Least Major Tools | 2 |
|
| 1. Lengkap | 2 |
|
| 2. Tidak lengkap | 0 - 1 |
|
4 | Server PC Assembling | 8 |
|
| 1. Sesuai dengan urutan | 5 - 8 |
|
| 2. Tidak sesuai dengan urutan | 0 - 4 |
|
5 | Server BIOS info & setting | 0 - 2 |
|
6 | Laptop Format Harddisk | 3 |
|
| 1. Succes | 2 - 3 |
|
| 2. Gagal | 0 - 1 |
|
7 | Laptop client configuration | 5 |
|
8 | Installing UTP Cable | 3 |
|
| 1. lengkap | 2 - 3 |
|
| 2. Tidak lengkap | 0 - 1 |
|
9 | File sharing | 2 |
|
10 | 1. lengkap | 2 |
|
11 | 2. Tidak lengkap | 0 - 1 |
|
12 | Printer sharing | 5 |
|
| 1. lengkap | 3 - 5 |
|
| 2. Tidak lengkap | 0 - 2 |
|
13 | AP setup | 5 |
|
14 | PC Router configuration | 0 - 5 |
|
15 | PC server configuration | 0 - 5 |
|
16 | DNS server configuration | 10 |
| 1. Succes | 6 - 10 |
| 2. Gagal | 0 - 5 |
17 | HTTP server configuration | 5 |
| 1. Succes | 3 - 5 |
| 2. Gagal | 0 - 2 |
18 | Proxy server configuration | 10 |
| 1. Succes | 6 - 10 |
| 2. Gagal | 0 - 5 |
19 | Mail server configuration | 8 |
| 1. Succes | 5 - 8 |
| 2. Gagal | 0 - 4 |
20 | Web Mail server config. | 5 |
| 1. Succes | 3 - 5 |
| 2. Gagal | 0 - 2 |
21 | DHCP server configuration | 5 |
| 1. Succes | 3 - 5 |
| 2. Gagal | 0 - 2 |
22 | Time required | 10 |
| hours £ 7 | 10 |
| 7 <>£ 9 | 7 |
| 9 <>£ 11 | 4 |
| JUMLAH | 100 |
V. Tim Penguji
Tim Juri terdiri dari 3 orang yang dapat berasal dari kalangan industri, praktisi, maupun akademisi yang kompeten di bidang IT/Networking Support.
VI. Kriteria Pemenang Lomba
Juara Lomba adalah peserta yang memiliki nilai akhir tertinggi dari seluruh nilai para peserta lomba. Apabila ada juara lomba yang memiliki nilai akhir yang sama maka akan diadakan tes wawancara oleh setiap juri untuk menggali lebih lanjut pengetahuan di bidang IT/Networking Support.
Para Juara ditentukan langsung oleh Juri meliputi: Juara I, II, III dan Harapan I dan II.
Selain para juara maka seluruh peserta mendapat penghargaan dari panitia penyelenggara.
VII. Panitia Lomba
Panitia lomba adalah:
1. Penanggung Jawab Bidang Lomba (Pusat) : . . . . . . . . . . . . . . . .
2. Penanggung Jawab Bidang Lomba (Daerah) : . . . . . . . . . . . . . . . .
VIII. Tempat dan Jadual Lomba
Tempat lomba untuk IT/Networking Support adalah di Kemayoran Jakarta.
Perkiraan jadual pelaksanaan lomba adalah sbb:
NO. | HARI/TANGGAL | WAKTU | KEGIATAN | KETERANGAN |
1 | Kamis/21 Mei 2009 | | Pembukaan Technical Meeting | |
2 | Jum’at/22 Mei 2009 | 08.00-09.00 | Penentuan Nomor Peserta Pemeriksaan Alat dan Bahan | |
| | 09.00-10.00 | Membongkar PC Server | |
| | 10.00-11.30 | Pelaksanaan Lomba Hari I | 1,5 jam |
| | 11.30-13.00 | Istirahat, Sholat, Makan | |
| | 13.00-16.00 | Lanjutan pelaksanaan Lomba Hari I | 3 jam |
3 | Sabtu/23 Mei 2009 | 08.00-12.00 | Pelaksanaan Lomba Hari II | 4 jam |
| 12.00-13.00 | Istirahat, Sholat, Makan | | |
| | 13.00-15.30 | Lanjutan pelaksanaan Lomba Hari II | 2,5 jam |
| | 15.30-Selesai | Penilaian | |
IX. Tata Tertib Lomba
Pembimbing diharapkan:
1. Mendampingi peserta pada saat ‘technical meeting’.
2. Mengisi daftar hadir yang disediakan Panitia.
3. Menjaga ketertiban dan ketenangan dalam pelaksanaan lomba.
4. Membantu peserta yang dibimbingnya apabila terjadi gangguan kesehatan.
5. Tidak membantu peserta pada saat lomba berlangsung.
Peserta diharapkan:
1. Hanya satu orang yang menjadi peserta mewakili propinsi dengan Surat Penunjukan dari Dinas Pendidikan Propinsi. Tidak dibenarkan peserta diganti di saat lomba tengah berlangsung.
2. Peserta harus hadir pada saat ‘technical meeting’.
3. Peserta harus sudah hadir 15 menit sebelum lomba dimulai.
4. Peserta yang tidak hadir sesuai dengan jadwal, dan atau melebihi 1 jam dari jadwal yang ditentukan dianggap mengundurkan diri.
5. Wajib mengisi daftar hadir pada saat sebelum lomba dimulai.
6. Berpakaian kerja yang rapi, diharapkan hanya memakai identitas nomor peserta dari panitya.
7. Peserta lomba wajib melakukan pemeriksaan peralatan dan kebersihan lingkungan kerja.
8. Peserta lomba menempati/ menggunakan peralatan lomba sesuai hasil undi.
9. Tidak diperbolehkan membawa buku/catatan/HP di ruang ujian.
10. Mengerjakan tugas dengan menggunakan pena/ballpoint, tidak dibenarkan menulis dengan pensil.
11. Tidak diperbolehkan menggunakan tipp-ex untuk menghapus kesalahan. Kesalahan hendaknya dicoret pada kata/angka yang salah dan ditulis kata/angka yang benar.
12. Untuk alasan kesehatan peserta diperbolehkan membawa makanan kecil dan minuman ke dalam ruang ujian.
13. Peserta tidak dapat melanjutkan lomba dikarenakan sakit atau hal-hal lain, maka dianggap gugur/mengundurkan diri.
14. Peserta tidak dibenarkan berkonsultasi atau mendapat pengarahan teknis dari siapapun tentang pekerjaan (job) pada waktu kegiatan berlangsung kecuali dari tim juri.
15. Tidak dibenarkan menggunakan peralatan (hardware/software) di luar ketentuan yang ada.
16. Kerusakan peralatan (hardware/software) akibat kesalahan prosedur yang dilakukan peserta, menjadi tanggung jawab peserta itu sendiri.
17. Kegagalan/keterlambatan pekerjaan tidak diberikan toleransi (misalnya hasil kerja hilang/rusak karena lupa belum di-save).
18. Pelanggaran terhadap tata tertib ini akan diberikan sanksi berupa teguran sampai berupa pemberhentian sebagai peserta.
19. Ketentuan lain yang belum tercantum dalam tata tertib ini diputuskan oleh kebijakan juri (ditentukan kemudian sesuai kebutuhan).
Registration (confirmation for participates) with letter or fax that at recommendation by element on duty Province Education at the furthest on Midle of March2009, to Committee of LKS-SMK XVII National passes through:
XI. The Closing
Things that was brought together in this information sheet will be informed on technical meeting time (technical meeting).