INDONESIA SKILLS COMPETITION
(LKS-SMK XVII 2009 IN JAKARTA)
I. Foreword
Globalization era give double impact which is over and above open collaboration chance that one extent it internations, also open emulation that progressively tight and sharp at all work area.
To face challenge of aforesaid, therefore Indonesia Government shall strengthen competitiveness and competitive top at all sector by relies on quality and human resource ability with technological mastery and management. To it Government always tries make ready competent labour deep its area each.
Indonesia Skills Competition (Lomba Keterampilan Siswa = LKS) National to XVII at Jakarta for Vocational High School (SMK) student all Indonesia is that of form reality one of effort in developmental human resource that did by Government via Directorate Technical and Vocational Education – Directorate General of Management for Primary and Secondary Education – The Ministry of National Education Republic of Indonesia.
II. Tujuan
2. Untuk memantau peta kualitas dan kemampuan SMK di seluruh
3. Mempromosikan Keterampilan siswa SMK bidang keahlian komputer khususnya penggunaan aplikasi software office automation kepada dunia industri sebagai calon pengguna tenaga kerja.
4. Memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa untuk berkompetisi secara positif, untuk menumbuhkan kebanggaan pada bidang keahlian yang ditekuninya, juga kebanggan bagi sekolah dan daerah/provinsinya.
III. Peserta
1. Warga Negara Kesatuan Republik
2. Tercatat Siswa tingkat II/III SMK negeri atau Swasta program keahlian TI di Indonesia dalam tahun 2009.
3. Dinyatakan sebagai Pemenang LKS Tingkat Propinsi program keahlian TI – Software Application dalam tahun 2009 atau yang ditunjuk oleh Kepala Dinas Pendidikan Nasional di Propinsi sebagai peserta LKS tingkat Nasional ke-XVII Tahun 2009 mewakili propinsi yang bersangkutan.
4. Setiap propinsi hanya dapat diwakili oleh 1 (satu) orang peserta.
IV. Materi Lomba
A. Lingkup Lomba
1. Tes praktik Document processing (240 menit)
Meliputi tes ketrampilan dalam mengelola dokumen menggunakan aplikasi pengolah dokumen Microsoft Word 2003
2. Tes Praktik Spreadsheet (240 menit)
Meliputi tes keterampilan dalam mengelola kertas kerja baik penggunaan rumus-rumus, sampai pengolahan data dan grafik menggunakan Microsoft Excel 2003
3. Tes Praktik Database (240 menit)
Meliputi test keterampilan dalam mengelola database termasuk didalamnya pembuatan query, form pendataan, Laporan, dan pembuatan menu menggunakan Microsoft Access 2003
4. Tes Praktik Graphic & Presentation (240 menit)
Meliputi test kemampuan dalam menyiapkan slide yang dibutuhkan untuk presentasi, termasuk didalamnya mengelola dan membuat gambar-gambar yang dibutuhkan dalam presentasi tersebut menggunakan Corel Draw X3 dan Microsoft Powerpoint 2003
B. Skor dan Bobot Penilaian
Skor maksimal dan bobot :
1. Document processing (skor maksimal 100, bobot 25%)……... N1
2. Spreadsheet (skor maksimal 100, bobot 25%)…..................... N2
3. Database (skor maksimal 100, bobot 25%).............................. N3
4. Graphic & Presentation (skor maksimal 100, bobot 25%) ....... N4
Perhitungan Nilai Tes N1….N4 :
Skor Perolehan
Nilai Tes N1…N4 = ----------------------- X Bobot.
Skor maksimal
Nilai Akhir = ∑(Nilai Tes N1...N4)
C. Aspek-aspek Penilaian
o Document manipulation
o Table manipulation
o Drawing
o Document Template
o Macro
o Header and footer
o Mail Merge
Ad.2. Aspek yang dinilai untuk Tes Spreadsheet adalah :
o Cell Manipulation
o Formula & function
o Macro
o Solver
o Graph manipulation
o Data manipulation
Ad.3. Aspek yang dinilai untuk Tes Database adalah :
o Database and Table
o Query
o Form
o Report
Ad.4. Aspek yang dinilai untuk Tes Graphic & Presentation adalah :
o Graphic – Corel Draw
o Designing Logo, including Geometric shape, cutting, shaping and reshaping object, convert to curve, combining object, etc
o Picture manipulation including color and shape editing, etc
o Presentation
o Slide template design and manipulation
o Hyperlink in presentation
o Inserting few types of components
o Custom animation
o Slide transition
o Slide effect
IV. Tim Penguji
Jumlah Juri sebanyak 4 orang terdiri atas :
No | Unsur | Jumlah |
A. | Profesional / ahli yang memahami implementasi Office automation secara mendalam | 4 orang |
VI. Kriteria Pemenang Lomba
Juara Lomba adalah peserta yang memiliki nilai akhir tertinggi dari seluruh nilai para peserta lomba. Nilai akan dibuat dalam distribusi normal untuk setiap modul dan hasil akhirnya akan di jumlahkan.
Para Juara ditentukan langsung oleh Juri meliputi: Juara I, II dan III
Selain para juara maka seluruh peserta mendapat penghargaan dari panitia penyelenggara.
VII. Panitia Lomba
Panitia lomba adalah :
1. Penanggung Jawab Bidang Lomba (Pusat) : . . . . . . . . . . . . . . . .
2. Penanggung Jawab Bidang Lomba (Daerah) : . . . . . . . . . . . . . . . .
VIII. Tempat Lomba
Tempat lomba untuk : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Jakarta
IX. Tata Tertib Lomba
Pembimbing diharapkan :
1.Mendampingi peserta pada saat ‘technical meeting’.
2.Mengisi daftar hadir yang disediakan Panitia.
3.Menjaga ketertiban dan ketenangan dalam pelaksanaan lomba.
4.Membantu peserta yang dibimbingnya apabila terjadi gangguan kesehatan.
5.Tidak membantu peserta pada saat lomba berlangsung.
Peserta diharapkan :
a. Hanya satu orang yang menjadi peserta mewakili propinsi dengan Surat Penunjukkan dari Dinas Pendidikan Propinsi. Tidak dibenarkan peserta diganti di saat tengah lomba berlangsung.
b. Peserta harus hadir pada saat ‘technical meeting’.
c. Peserta harus sudah hadir 15 menit sebelum test dimulai.
d. Wajib mengisi daftar hadir pada saat setiap jenis lomba yang diadakan.
e. Berpakaian kerja yang rapi, diharapkan hanya memakai identitas nomor peserta dari panitya.
f. Tidak diperbolehkan membawa buku/catatan/HP di ruang ujian.
g. Untuk alasan kesehatan peserta diperbolehkan membawa makanan kecil dan minuman ke dalam ruang ujian.
h. Penentuan nomor peserta dilakukan melalui undian, bagi peserta yang tidak mengikuti technical meeting, nomor undian ditentukan oleh panitia.
i. Peserta lomba menempati/ menggunakan peralatan lomba sesuai hasil undi
j. Peserta tidak dapat melanjutkan lomba dikarenakan sakit atau hal-hal lain, maka dianggap gugur/ mengundurkan diri;
k. Peserta tidak dibenarkan berkonsultasi atau mendapat pengarahan teknis tentang pekerjaan (job) pada waktu kegiatan berlangsung dari pembimbing masing-masing kecuali dari tim juri;
l. Kegagalan/ keterlambatan pekerjaan tidak diberikan toleransi (misalnya karena lupa pekerjaan belum di-save);
m. Peserta lomba wajib melakukan pemeriksaan peralatan dan kebersihan lingkungan kerja;
n. Pemeriksaan peralatan dilakukan oleh peserta di depan juri dan panitia selama lebih kurang 120 menit sebelum perlombaan dimulai;
o. Kerusakan peralatan (hardware/software) akibat kesalahan prosedur yang dilakukan peserta, menjadi tanggung jawab peserta itu sendiri;
p. Tidak dibenarkan menggunakan peralatan (hardware/software) diluar ketentuan yang ada;
q. Pembimbing tidak dibenarkan masuk ke ruang lomba atau menghubungi peserta baik langsung maupun alat komunikasi pada saat lomba berlangsung dengan alasan apapunMematuhi tata tertib yang telah ditentukan oleh panitia atau juri, apabila melanggar maka akan dikenakan sanksi.
Registration (confirmation for participates) with letter or fax that at recommendation by element on duty Province Education at the furthest on Midle of March2009, to Committee of LKS-SMK XVII National passes through:
XI. The Closing
Things that was brought together in this information sheet will be informed on technical meeting time (technical meeting).